Pengaruh Jejaring Sosial


Dewasa ini zaman semakin maju, era modernisasi semakin kuat, teknologi juga semakin canggih. Dari anak kecil sampai yang sudah tua pun pasti tahu dan pernah menggunakan barang-barang tersebut. Seperti sekarang yang sedang marak yaitu smartphone misalnya blackberry dan android. Fasilitas-fasilitas yang ada didalamnya itu memang sudah canggih, bukan hanya untuk menelpon dan sms saja seperti dahulu, tapi fasilitas didalamnya berubah fungsi, dan bisa dibilang handphone yang serba bisa. Jejaring sosial juga saat ini sedang ngetrend misalnya facebook, twitter, bbm, yahoo messenger, whatsapp, line dan segala macam lainnya.
Disini akan kita bahas tentang jejaring sosial tersebut. Jika di hitung sudah berapa puluh bahkan ratusan juta yang menggunakan jejaring sosial baik yang di Indonesia maupun dunia. Tetapi sebenarnya jejaring sosial ini mempunyai sisi positif dan negatifnya masing-masing sesuai orang yang menggunakan.
Sisi positif yang dapat diambil disini yaitu komunikasi antar orang atau kelompok baik dalam kota atau luar kota bahkan dalam negeri dan luar negeri menjadi mudah. Jejaring sosial ini bisa menampilkan pesan, foto, suara, video atau apapun itu. Bagi yang bekerja dibidang marketing juga ini adalah prospek yang bagus dengan ajang promosi lewat jejaring sosial ini. Selain promosi makin lama makin berkembang dan sekarang banyak yang menggunakan jejaring sosial sebagai ajang untuk berjualan bisa dibilang jualan online.
Selain itu tetapi ada sisi yang buruknya yaitu bisa terjadi tindak criminal dengan modus penipuan, dan penculikan. Biasanya modus ini digunakan penjahat untuk mengambil uang atau mengajak seseorang untuk jalan-jalan dan sehabis itu diculik. Berjualan online misalnya orang tersebut sudah mentransfer uang ke rekening penjual, tetapi ia tidak mengimkan kembali barang yang dipesan. Bukan hanya itu saja beberapa berita di televisi mengabarkan bahwa dari facebook seorang remaja diajak berkenalan lalu ketemuan dan diculik. Betapa mirisnya negara ini yang tindak kriminalnya semakin lama semakin parah.
Dengan adanya jejaring sosial ini menjadikan remaja sekolah ataupun mahasiswa menjadi malas. Mereka betah sekali berjam-jam didepan handphone untuk memainkan bbm, facebook, twitter dll. Sampai kadang-kadang lupa waktu untuk makan. Pengaruh buruk ini seharusnya dihindari, boleh saja menggunakan smartphone berlama-lama tapi jangan sampai melupokan kewajiban yang harus kita jalani.
Negatifnya dari jejaring ini saja tidak cukup hanya penipuan tetapi juga tentang pencemaran nama baik. Misalnya seseorang tidak suka dengan orang lain atau tidak suka dengan perusahaan, rumah sakin, restoran atau apapun itu dan menyebarkan berita yang buruk ke semua orang yang membaca. Ini juga akan menimbulkan masalah jika pihak yang dicemarkan nama baiknya menuntut. Sekarang coba tanyakan kepada remaja-remaja yang main facebook atau twitter rata-rata mereka menulis sesuatu guna untuk menyindir rekannya karena mereka lagi mempunyai masalah yang akhirnya menyebabkan keributan.
Maka dari itu kita selaku pengguna jejaring sosial janganlah mudah tertipu dan jangan mudah percaya dengan orang lain. Selain itu juga kita sebagai pengguna jangan menuliskan kata-kata yang asal bicara, jangan berbicara yang kasar ataupun yang dapat menyinggung orang lain karena bukan hanya orang lain yang merasa sakit hati dan dirugikan tetapi bisa membawa malapetaka juga buat kita. Oleh karena itu hati-hatilah menggunakan jejaring sosial tersebut dan jadilah pengguna yang berguna dan bermanfaat bagi orang banyak.
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "Pengaruh Jejaring Sosial"

Posting Komentar