Kejar Sukses Sekarang juga !


Sukses itu bukan hanya milik orang kaya dan berharta aja kok, bukan juga cuma milik orang dewasa yang banyak pengalaman. Tapi sukses itu adalah bagaimana cara kita untuk maju. Sukses berawal dari mimpi, mimpi tentang angan-angan kita yang mengaju untuk yang lebih baik. Asal kita punya bakat, minat dan kemauan yang tinggi untuk maju Insya Allah kita bisa kok. Nah ini ada langkah-langkah untuk menentukan masa depan kamu.

Tentukan Minat dan Bakat        
Langkah pertama yang harus kita lakukan agar bisa sukses adalah kita harus tahu persis bidang apa yang kita minati dan kuasai. Juga harus ketahui bakat apa yang terpendam dalam diri kita itu apa. Caranya nggak susah, kok. Kita hanya cukup membuat daftar yang isinya tentang kegiatan apa saja yang paling kita sukai dan paling sering kita lakukan sehari-hari. Soalnya, tanpa kita sadari semua kegiatan yang senang banget kita lakukan bisa menjadi petunjuk kearah mana minat dan kemampuan kita sebenarnya. Bila kita melakukan kegiatan dengan ikhlas dan senang pun itu membuat hasil yang sangat memuaskan.
Misalnya kalau kita suka sama dunia internet, kita bisa kerja di bagian IT, web designer atau yang sedang popular sekarang bisa berbisnis secara online. Kalau kita suka menulis diary, membuat cerpen atau puisi kita bisa jadi penulis, penyair ataupun wartawan. Kalau kita suka membantu orang dan ingin mengobati orang yang sakit kita bisa mengambil kuliah dulu di jurusan kedokteran. Kalau pun ngerasa stuck dan nggak tau karir apa yang cocok sama minat dan bakat kita, kita bisa minta tolong orang tua atau guru pembimbing untuk menentukannya. So, nggak susah yang kita bayangin, kan?

Learning by Doing
Sudah punya bayangan kita bakal jadi apa? Sekarng kita harus maju selangkah lagi untuk mencari pengalaman sebanyak-banyaknya. Learning by Doing, cara ini adalah yang paling efektif buat mengembangkan karir yang akan kita pilih nanti. Kalau berminat menjadi penulis buku, ya, mulai saja dengan mencoba-coba menulis buku cerita. Kalau pengen menjadi designer, keluarkan ide-ide dan design-design kamu dan usaha untuk membuat baju. Nggak perlu berpikir soal apa yang kamu lakukan dengan hasilnya nanti, yang penting keluarkan saja dulu ide-ide kreatif yang ada dikepalamu.

Talk Less Do More
Ya.. banyak-banyak lah mencari pengalaman, jangan hanya banyak bicara yang tidak ada hasilnya. Lakukanlah sesuatu yang membuat kamu mempunyai pengalaman yang berharga. Misalnya bisa ikutan magang atau kerja sukarela disebuah instansi perusahaan juga bisa jadi salah satu cara mengembangkan minatmu ini. Daripada mengisi liburan yang nggak jelas, coba deh, cari tahu tentang lowongan magang atau kegiatan volunteer yang bisa kamu ikuti. Kalau jadi penulis, coba deh kamu ke sebuah redaksi majalah dan mengajukan tulisan-tulisan kreatif dan menarik yang kamu buat, jangan memikirkan honor dulu. Soalnya, yang penting kamu bisa dapat pengalaman kerja yang nilainya lebih tinggi dari uang.

Jangan Gampang Menyerah
Meski punya semangat yang tinggi untuk maju, bukan berarti jalan kita menuju sukses bakal ‘bebas hambatan’. Kadang, ada saja halangan atau cobaan yang tidak diduga. Bagaimana pun juga semua itu memang mesti kita lalui biar pengalaman kita makin nambah dan tahu gimana mestinya menyelesaikan masalah itu.
Jadi kalau ditengah jalan kita menemukan kesulitan, nggak usah berkecil hati karena itu merupakan hal yang sangat biasa dalam hidup ini. Kalau kita malah munduk dan menyerah berarti kita bisa lupakan impian kita buat jadi orang sukses.
Where there is a will, there is a way. Dimana ada kemauan ya disitu pasti ada jalan. Semua kesulitan pasti ada jalan keluar. Tuhan tidak mungkin memberikan cobaan diluar kemampuan umatnya. Percaya deh, jika kita mempunyai keberanian, percaya diri dan semangat yang tinggi dan tentu modal yang cukup untuk memulai semua itu pasti semua bisa teratasi dan apa yang kita inginkan bisa jadi kenyataan. Ya jadi nggak perlu takut untuk memulai kesuksesan, kalau bukan sekarang, kapan lagi !
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "Kejar Sukses Sekarang juga !"

Posting Komentar