Organisasi itu menyenangkan


Dulu, ketika SMP ataupun SMA, aku jarang ikut keorganisasian, mungkin hanya ikut sekedar ekstrakulikuler, seperti PMR (palang merah remaja), tari tradisional, teater, dan karate. Dan kehidupan sekolahku hanya menuntut ilmu, belajar didalam kelas terus pulang ya gitu-gitu aja, tidak ada yang begitu istimewa. Terkadang, agak bosan menjalani hari-hari yang begitu saja, pasti orang akan bisa mencapai titik jenuhnya masing-masing. Aku adalah tipe cewek yang pendiam dan kurang percaya diri. Maka dari itu aku pun bertekad kalau nanti kuliah aku harus terlepas dari rasa kurang percaya diri ini.

Kamu pasti merasa bosan kan kalau jadi mahasiswa kupu-kupu (kuliah pulang kuliah pulang) ? Meski sehabis kuliah juga bisa ketawa bareng temen-temen tapi pasti masih ada yang kurang gitu rasanya. Nah ini dia, sama kayak apa yang aku alami. Akhirnya aku mencari organisasi apa dikampus yang bisa aku ikuti. Pas banget waktu itu ada open recruitment BEM Fakultas Ekonomi. Akhirnya aku melamar menjadi anggota BEM FE itu. Dengan melalui tahap yang panjang, dari tes tertulis, tes wawancara dengan 4 kali wawancara, juga tes mental, aku pun diterima sebagai anggota penelitian dan pengembangan. Huhh... Berat memang tes nya, dan semua terbayar setelah aku masuk.

Tidak puas dengan tes-tes itu saja, ternyata masih harus mengikuti PPMK (Pelatihan Pengembangan Manajemen Keoorganisasian) disini bisa disebut dengan tes mental mungkin. Disini kami melakukan PPMK di gunung bunder, selama 2 hari 1 malam. Berbagai macam games, materi-materi keoorganisasian serta harus naik turun gunung. Saat naik gunung ini lah yang paling mengesankan dengan permainan pos-pos yang penuh tantangan.

Saat naik gunung ini kami dibagi dalam beberapa kelompok, dan 1 kelompok, dan 1 kelompok sekitar 6 - 7 orang, lalu kami pun dibekali hanya dengan 1 lilin dan 1 lampu senter. Permainan ini biasa disebut dengan jurit malam. Dimana terletak 4 pos yang berjauhan, dan setiap pos nya kita selalu mendapat games atau tantangan baru. Di gelap malam itu pun kami jalan beriringan dengan menggunakan lilin dan senter. Kami pun menuju pos 1, pos disini kami ditantang untuk mencari benda-benda yang tersembunyi. Bukan sembarang benda saja, tetapi melihat di kertas yang diberikan dan disitu penuh dengan kode yang harus dipecahkan. Setelah kami semua berhasil, kami pun lolos dan berjalan lagi, dengan bergandengan tangan, saling menjaga satu sama lain juga saling mengingatkan agar tidak melamun atau bengong agar tidak terjadi kejadian yang tidak diinginkan. Setelah selesai, lagi dan lagi kami harus meneruskan ke pos yang ke 3, disini pos yang sangat menyeramkan. Awalnya kami diceritakan bahwa ditempat kami ini adalah pos evakuasi korban pesawat sukhoi yang jatuh di gunung salak. Kami pun merinding, deg-degan dan dihantui dengan rasa takut. Dan ternyata memang kami di uji nyali, dengan ditempatkan dipohon-pohon dengan jarak berjauhan dan masing-masing orang dipohon yang berbeda. Lalu kami ditinggal selama 15 menit oleh senior dan pembimbingnya. Aku pun deg-degan, takut, dan sepanjang itu aku hanya memejamkan mata saja. Setelah 15 menit selesai, kami menuju pos terakhir, huh... akhirnya. Di pos terakhir ini kami di tes mental, dimarahi oleh senior, jawaban apapun dianggap salah, yaa memang ini untuk menguji kami kuat atau tidak dalam menjalani masalah dan jika dimarahin oleh atasan. Pengalaman ini memang membuat takut tapi sangat amat menyenangkan.

Setelah pelatihan itu, kami anggota sudah dilantik dan benar-benar menjadi anggota BEM. Rapat besar pun dimulai. Masing-masing anggota dari bidangnya sendiri harus mempunyai konsep acara. Dan acara tersebut yang nantinya akan di presentasikan dan dijalankan. Selama ini kami sudah membuat 7 seminar dan turnamen FE CUP antar fakultas ekonomi. Aku baru merasakan menjadi mahasiswa yang berguna. Pulang kuliah bukan hanya main-main yang tidak jelas gitu tapi rapat untuk membahas acara. Capek sih tetapi seneng, apalagi malah menambah banyak teman disana. Aku baru sekali ini merasakan organisasi. Banyak banget pengalaman yang didapet, pokoknya nyesel deh orang yang belum pernah merasakan berorganisasi masa mudanya. :)
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "Organisasi itu menyenangkan"

Posting Komentar