Jangan Cuek Sama Bumi !



Belakangan ini perubahan cuaca semakin ga menentu. Penyebabnya, ternyata, karena suhu bumi yang selama 10ribu tahun terakhir ini memang semakin memanas. Ditemukan bukti baru bahwa selama 50 tahun terakhir, suhu global bumi mengalami peningkatan antara 1,4 - 5,8 derajat celcius. Ahh... kayaknya sedikit banget dan nggak terlalu berpengaruh yaa? Tapi coba bayangkan, berapa besar peningkatannya kalau dihitung selama 10ribu tahun?

Semakin tinggi suhu global di bumi ini, ternyata disebabkan karena peningkatan karbon dioksida (CO2) dari berbagai energi yang kita pakai sehari-hari. Mulai dari listrik, bensin atau bahan bakar yang biasa kita pakai. Menurut data WWF Indonesia, sekitar 37% kandungan CO2 yang ada dimuka bumi berasal dari lustrik yang kita gunakan sehari-hari. Bumi semakin panas, pemborosan energi yang sekarang ini terjadi juga membuat persediaan energi yang ada di bumi kita
Semakin menipis dengan drastis.

Bukan nggak mungkin sumber energi yang terus menerus kita hambur hamburkan ini suatu hari nanti akan benar-benar habis nggak tersisa. Nggak kebayang kan gimana jadinya kalau suatu hari nanti bumi kita gelap gulita karena tidak ada sumber energi listrik yang bisa kita pakai lagi? Duhh...pasti mengerikan.

Makanya ajakan supaya kita menghemat energi mulai dari sekarang, memang penting banget. Dan sebenarnya bisa kita lakukan lewat cara yang simpel-simpel aja. Misalnya kalau menyalakan TV jangan lupa matikan televisi, menyalakan lampu yang seperlunya saja, air juga. Selain beberapa cara praktis yang bisa dilakukan sendiri, beberapa lembaga juga lagi mengembangkan progam pemulihan energi dngan menghasilkan energi yang lebih bersih dan ramah lingkungan. Misalnya dengan menggunakan energi angin yang selain ramah lingkungan juga nggak kalah hebat dengan energi nuklir, matahari atau panas bumi. Selain itu juga ada energi biomas yang berasal dari sisa sisa pembakaran kayu, sampah organik dsb.

Jadi..  mulai sekarang kita nggaka boleh boros dan cuek lagi. Mulai deh menghemat energi. Nggak mau kan bumi kita ini hancur dan kita semua tinggal di kota mati? Hiii....
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "Jangan Cuek Sama Bumi !"

Posting Komentar