5 Hal Yang Dapat Memicu Sakit Kepala



Siapa sih yang tidak pernah merasakan sakit yang satu ini? Ya.. Sakit kepala. Sakit ini sering melanda kita mungkin hampir setiap harinya atau jika kita sedang menderita sakit tertentu. Dari mulai sakit kepala ringan hingga sakit kepala yang sangat mengganggu, sampai tidak dapat beraktivitas. Biasanya orang menganggap sakit kepala sebagai tanda bahwa tubuh sedang tidak fit atau gejala tekanan darah rendah. Namun, tak jarang orang mengalami sakit kepala secara tiba-tiba.
Perlu diketahui ada beberapa hal yang tanpa disadari bisa menjadi salah satu pemicu sakit kepala. Dilansir dari berbagai sumber,  inilah 5 hal yang dapat memicu sakit kepala tersebut.
1. Tegang
Saat sedang merasa tegang  dan cemas, otot-otot  leher dan pundak akan ikut  menegang. Hal ini mengakibatkan kepala bagian belakang ikut terasa sakit kemudian akan merambat ke kesisi kepala bagian depan. Untuk mengatasi hal perlu relaksasi untuk mengurangi rasa cemas dan mengendurkan ketegangan otot. Biasanya ini juga dapat terjadi jika kita belajar terlalu lama, bermain komputer terlalu lama, ataupun mengerjakan sesuatu yang tidak membutuhkan gerak banyak.
2. Kurang Minum
Dehidrasi bisa menjadi salah satu pemicu dari sakit kepala. Kurangnya cairan yang masuk kedalam tubuh tidak berimbang dengan cairan yang dikeluarkan oleh tubuh kita. Kehilangan elektrolit menyebabkan tubuh tidak dapat berfungsi normal. Untuk mengatasi hal tersebut perbanyaklah meminum air putih dan berbaring untuk mengatasinya.
3. Alergi
Salah satu reaksi alergi yang terjadi pada tubuh kadalah timbulnya rasa sakit kepala. Masuknya benda asing kedalam tubuh sehingga menyebabkan sistem kekebalan tubuh merespon untuk melawan benda asing tersebut. Salah satu contohnya adalah alergi pada makanan dan parfum yang dapat memicu migrain.
4. Dampak Kafein
Kafein merupakan salah satu zat adiktif yang bila dikonsumsi secara berlebihan bisa berdampak buruk untuk kesehatan. Mengkonsumsi kopi lebih dari 2 cangkir dalam sehari dapat memicu tubuh untuk menagih konsumsi kafein lagi dan lagi. Hal tersebut dapat menyebabkan sakit kepala karena tubuh mengalami ketergantungan kafein.
5. Sensitif MSG (Monosodium Glutamate)
MSG atau yang biasa dikenal dengan vetsin merupakan salah satu bahan penyedap makanan ini dapat menimbulkan MSG Symptom Complex. MSG Symptom Complex  adalah suatu  gejala yang timbul setelah mengkonsumsi makanan yang mengandung MSG. Hal ini terjadi bagi sebagian orang yang sangat sensitif terhadap bahan tersebut. Salah satu gejalanya yaitu sakit kepala dan jantung berdebar.

Maka dari itu bagi anda yang ingin mengurangi sakit kepala yang diderita, harus diperhatikan baik-baik penyebab sakit kepala ini timbul. Hal ini dilakukan agar sakit kepala ini dapat terhindari dan dapat mengurangi rasa sakit kepalanya. 
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "5 Hal Yang Dapat Memicu Sakit Kepala"

Posting Komentar