Andai Aku Menjadi Menteri Koperasi


Koperasi di Indonesia saat ini dalam kondisi yang sangat memprihatinkan, banyak masyarakat yang menyalahgunakannya. Sebenarnya koperasi difungsikan untuk mensejahterakan rakyat dengan memegang prinsipnya yaitu kekeluargaan dan gotong royong. Keadaan koperasi Indonesia saat ini akibat dari masyarakat atau SDM di Indonesia yang kurang berkualitas juga mempengaruhi runtuhnya koperasi. Selain itu pemerintah juga ikut campur dalam hal ini. Misalnya menteri koperasi sebagai pemimpin untuk memimpin bagaimana arah koperasi kedepannya.
 Tugas menteri koperasi sebenarnya membantu presiden dalam merumuskan kebijakan dan koordinasi kebijakan di bidang koperasi dan usaha kecil menengah. Selain itu menteri koperasi mempunyai fungsinya sendiri, yaitu pengkoordinasian dan peningkatan keterpaduan penyusunan rencana dan program, pemantauan, analisis dan evaluasi di bidang koperasi dan usaha kecil menengah, peningkatan peran serta masyarakat di bidang koperasi dan usaha kecil menengah, pengkoordinasian kegiatan operasional lembaga pengembangan sumberdaya ekonomi rakyat, penyampaian laporan hasil evaluasi, saran dan pertimbangan di bidang tugas dan fungsinya kepada Presiden.
Seorang pemimpin haruslah yang bersikap jujur, adil, bijaksana, dapat dipercaya dan mengerti apa yang diinginkan oleh bawahannya. Tetapi di era globalisasi ini jarang sekali kita menemukan sosok pemimpin yang seperti itu. Bisa dilihat dari pejabat-pejabat negara seperti anggota DPR yang sudah banyak tidak dapat dipercaya akibat kasus-kasus yang sedang marak saat ini yaitu korupsi. Sebenarnya tidak semua pemimpin mempunyai sikap seperti ini, masih ada pemimpin yang baik dan bijaksana.
            Disini saya ingin berandai-andai menjadi menteri koperasi, sebenarnya menjadi seorang pemimpin bukan hal yang mudah, harus yang memiliki jiwa kepemimpinan tinggi dan bijaksana. Menjadi menteri koperasi ini tentunya saya ingin membuat koperasi di Indonesia menjadi semakin baik lagi dan juga dapat memberi pengaruh baik terhadap pertumbuhan ekonomi nasional. Mungkin langkah pertama yang dapat saya ambil yaitu mensosialisasikan kepada masyarakat luas tentang apa itu koperasi, bagaimana penerapannya dan apa saja keuntungan yang didapat. Mensosialisasikan koperasi disini jangan hanya dari mulut ke mulut tetapi di era yang modern ini kita bisa menggunakan media elektronik yang canggih misalnya televisi, radio, serta yang sedang marak sekarang ini adalah internet. Zaman sekarang, siapa yang tidak kenal dengan internet, dari anak kecil sampai orang yang sudah tua pun paham dan tahu bagaimana menggunakan internet. Maka dari itu ini media yang sangat bagus untuk mengenalkan koperasi kepada masyarakat luas. Dengan demikian masyarakat Indonesia bisa lebih mengenal dan lebih peduli terhadap koperasi.
            Jika saya menjadi menteri koperasi, saya ingin meminimalisir jumlah mini market yang beroperasi. Bisa kita lihat sendiri, dimana-mana yang selalu banyak kita lihat adalah mini market, bahkan dengan jarak berapa meter dengan mudah kita dapat menemukan mini market lagi. Inilah penyebab mengapa koperasi saat ini kurang berkembang. Banyak masyarakat yang beralih ke mini market, ya mungkin alasannya karena dengan mudah mendapatkan apa yang konsumen mau, dekat dari rumah, mendapatkan fasilitas dan pelayanan yang nyaman, dan mendapatkan harga yang sesuai. Oleh karena itu koperasi semakin lama semakin surut namanya.  Sebenarnya selain menyurutkan nama koperasi, akibat dari pembuatan mall-mall dan mini market membuat wilayah tersebut  kurang lahan penghijauan. Tindakan pihak swasta ini memberikan dampak negatif kepada banyak masyarakat dari banyak sisi.
            Selanjutnya upaya yang saya akan buat jika menjadi menteri koperasi adalah meningkatkan pendidikan dan tekhnologi seperti yang tadi dijelaskan diatas, dengan mengikuti perkembangan tekhnologi , koperasi merasa tidak tertinggal dan manajemen koperasi menjadi lebih baik lagi. Lalu upaya yang lainnya yaitu merekrut pekerja-pekerja yang berpendidikan dan berkualitas. Dengan demikian kepengurusan manajemen koperasi akan jauh lebih terkendali.
            Langkah diatas memang tujuan dari saya jika saya berandai menjadi menteri koperasi, selain itu juga kebijakan yang akan saya buat yaitu mengaktifkan kembali koperasi-koperasi di Indonesia yang sudah semakin tenggelam. Setelah koperasi aktif kembali, yang kita lakukan selanjutnya adalah melakukan evaluasi terhadap permasalahan-permasalah lain yang membuat koperasi menjadi pasif, seperti misalnya masalah kepengurusan koperasi. Karena membuat koperasi yang baru sama saja membuang-buang waktu padahal koperasi yang lama belum dimaksimalkan. Hal selanjutnya yang penting adalah perlunya mengubah konsep koperasi menjadi lebih fresh. Seperti yang kita ketahui saat ini banyak usaha waralaba yang menawarkan tempat-tempat yang menarik dan nyaman seperti Alfamart, Indomart, Sevel, Circle K dan lain-lain. Sebaiknya koperasi juga harus dibuat semenarik mungkin sehingga para pengunjung atau anggotanya merasa nyaman.
            Dengan menerapkan konsep-konsep baru yang lebih sesuai dengan keadaan perekonomian seperti sekarang ini, serta memanfaatkan tekhnologi yang telah berkembang agar kinerja koperasi menjadi lebih baik lagi dan segala bentuk tujuan rencana tersebut dapat segera terealisasikan. Penghargaan akan sebuah usaha pun di perlukan, guna memotivasi para anggota koperasi agar tidak hanya semangat diawal pendirian koperasi namun tetap berlanjut sampai terjadi regenerasi pengurus berikutnya dan berikutnya lagi. Dan tidak lupa pula untuk melakukan sosialisasi mengenai koperasi keseluruh masyarakat dari tingkat kumpulan masyarakat yang paling kecil, yaitu keluarga. Dan sosialisasi dapat pula dilakukan dengan berbagai cara dan berbagai media yang sekarang ini sudah tak terbatas jumlahnya. Sosialisasi dapat pula dilakukan dengan menjadikan koperasi sebagai pelajaran tambahan agar mereka-mereka yang masih muda usianya pun telah mengenal apa itu koperasi.
            Harapan saya koperasi Indonesia lebih baik lagi dari sebelumnya dan pada saat ini,lebih baik lagi dalam kata kinerja dan intergritas koperasi.Lebih baik lagi dalam arti kata bisa menghidupkan,memajukan,dan menjalankan tujuan-tujuan yang telah dibuat dari awal dapat bersaing dengan perusahaan swasta atau asing yang kita telah meredupkan nama koperasi serta dapat terus berkembang tidak seperti sekarang ini nama koperasi di media tidak terdengar apakah berjalan maju atau mundur tetapi sepertinya koperasi indonesia hanya berdiam ditempat saja tidak mau bergerak. produk-produk yang ada dikoperasi juga dapat diminati oleh semua masyarakat indonesia serta meningkat kan kuliatas produk koperasi dan membantu meningkat kan keuntungan untuk koperasi.selain untuk meningkat kan keuntungan koperasi lalu produk-produk yang diminati oleh masyarakat dapat mendongkrak pendapatan dalam negeri serta dapat mengurangi rasa ketertarikaan dalam produk impor yang tentunya dapat mematikan produk-produk dalam negeri yang berakibat dapat mematikan mata pencarian produsen-produsen dalam negeri.hal yang terpenting adalah mengembalikan citra dan image koperasi seperti dahulu sehingga harapan nnti nya tercapai agar dapat dipercayai lagi oleh masyarakat dalam hal ekonomi karena bangsa indonesia ciri khas nya adalah koperasi.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "Andai Aku Menjadi Menteri Koperasi"

Posting Komentar